Apa sih yang Dibutuhin Sama Orang yang Lagi Sakit?

by - Maret 05, 2014

Sumber gambar : google
Bismillaahirrahmaanirrahiim

Beberapa hari yang lalu saya sempet sakit (loh sakit kok disempet-sempetin hehe) dan mengharuskan saya bedrest selama kurang lebih 6 hari. Selama bedrest itu saya ngerasa agak kesepian gitu. Mau chatting yang lain pada sibuk semua, mau nonton tv tapi nggak ada acara yang rame, mau baca buku tapi kepala masih berat, sms-an pada nggak ada yang bales duh jadi serba salah. Saya jadi kepikiran kadang orang yang lagi sakit itu nggak butuh apa-apa tapi butuh hiburan dan perhatian dari saudara dan teman-teman terdekatnya. Hal sesederhana itu juga udah sangat membahagiakan orang yang lagi sakit lhoooo !

Kadang entah kenapa orang yang lagi sakit itu suka berpikiran jauh misal : "Jangan-jangan umur saya udah nggak lama lagi" atau "Kayaknya hidup saya tinggal bentar" dsb. Pas sakit juga saya merasakan hal yang sama padahal cuma sakit typhoid doang hehe.

Mungkin ini bisa jadi salah satu sebab kenapa Rasulullah SAW itu suka sekali menjenguk orang sakit. Pasalnya orang sakit itu kadang kondisi mental/jiwanya mudah turun jadi sering muncul perasaan takut, khawatir, merasa lemah dsb. So that's why kadang dukungan berupa hiburan atau semangat lebih dibutuhkan daripada makanan dan obat sekalipun.

Saya jadi berpikir betapa nelangsanya ya orang yang sakit ketika tidak ada yang menjenguknya padahal nggak cuma orang sehat aja lho yang butuh hiburan bahkan saya rasa orang sakit justru butuh lebih banyak dihibur. Ya hiburan yang simpel saja misal diajak ngobrol, ditanya apa sakitnya, dimotivasi dan yang paling penting didoakan ^^. Kehadiran saudara atau teman-teman di sisi mereka akan membuat mereka merasa lebih baik lho !

Apalagi sebagai sesama muslim ada hak muslim yang harus dipenuhi oleh sesama muslim yang lain sesuai sabda Rasulullah. Abu Hurairah ra. berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Hak seorang muslim yang harus dipenuhi oleh muslim yang lain ada lima, yakni menjawab salam, mengunjungi orang sakit, mengantar jenazah, memenuhi undangan, dan menjawab doa orang yang bersin." (Muttafaqun 'alaih)

So ikhwah fillah kalau ada saudara atau temennya yang lagi sakit coba sempatkan untuk menjenguk ya ^^

Sumber gambar : komikmuslimah.blogspot.com

You May Also Like

0 komentar

Kasih komentar dong biar nggak terlalu sepi hehe