Postingan

Menampilkan postingan dari 2013

Sebuah Penyesalan

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Udah mau akhir tahun aja ya. Sebentar lagi tahun 2013 akan meninggalkan kita. Bulan Muharram juga hampir berlalu. Ah teringat resolusi yang saya buat selama  setahun ini. Alhamdulillah sih ada yang tercapai tapi masih jauh lebih banyak yang belum hehe.  Tiap tahun rasanya kok saya selalu menyesal gitu karena tahun ini kok saya masih kurang ini dan itu. Entah memang karena saya yang belum optimal atau memang karena sifat dasar manusia yang tidak pernah puas atau emang dua-duanya huehehe. Namun saya jadi teringat sebuah hadits (kalau nggak salah) tapi saya lupa persisnya intinya begini "Kelak di akhirat nanti baik mu'min maupun kafir pasti akan menyesal. Orang-orang mu'min menyesali waktu mereka yang berlalu karena mereka ingin beramal lebih baik dan lebih banyak lagi sedangkan orang-orang kafir menyesal karena mereka telah menghamburkan waktu mereka serta mengisinya dengan kelalaian dan mereka senantiasa berandai-andai seandainya mereka diberik…

Belajar Memulai

Bismillaahirrahmaanirrahiim
Udah lama nggak nulis jadi serasa otak beku, pikiran buntu, tangan kaku, lidah kelu, ndas ngelu #halah Mbuh piye carane aku pokoke kudu nulis. Lha wong sesuk deadline. Ahhh kok buntu ngene tho. Aku kudu nulis essay ki. Bener ya pisau setajam apapun kalau nggak pernah dipake apalagi diasah ya bakalan tumpul. Sama kayak otak kita kalau nggak pernah dilatih untuk berpikir yo ngene ki --" Yo pancen bener belati landepo koyo opo apan ra tau dienggo yo tumpul *haghag
*oke lupakan saja paragraf di atas
Hari ini saya bertekad untuk mulai ngeblog secara rutin. Paling tidak dalam sehari ada tulisan yang diposting. Setelah vacum cukup lama dari dunia blogging rasanya kok agak sulit ya untuk menuangkan ide-ide yang bertebaran di kepala dan meramunya menjadi kata-kata yang indah *duileh Oke saya akui I'm such a bad blogger. Meskipun saya jarang (baca : males) posting tapi jauh dari lubuk hati saya yang paling dalam saya tetap memiliki keinginan untuk berbagi. …

Puisi Malam

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Kau tahu berteman dengan malam tak selamanya sunyi
Malam itu tak selamanya kelam
Disini kutemukan ketenangan
Damai dalam sepi
Sunyinya abadi
Duhai malam ku merindumu
Merindu saat-saat kau mengantarkanku pada Rabbku

'Seember Air Mata'

Gambar
Bismillaahirrahmaanirrahiim
Wah udah cukup lama juga ya saya nggak posting hehe *bersih-bersih debu*. Postingan kali ini saya juduli (halah) "Seember Air Mata". Kenapa harus Seember Air Mata? Nggak segelas, segentong atau setimba? Ya suka-suka saya dong kan saya yang nulis muehehe *ditimpuk sendal* Sebenernya tulisan ini terinspirasi dari dorama Jepang yang sangat terkenal Ichi Littoru no Namida atau 1 Litre of Tears. Pecinta dorama pasti udah hafal banget nih hehe.Hayoo jangan ngaku pecinta dorama Jepang deh kalau belum nonton ! hehe
Seperti judulnya 1 Litre of Tears film ini sukses menguras air mata saya hoho. Padahal saya cukup susah untuk nangis kalau lagi nonton film apalagi kalau nontonnya rame-rame (gengsi bro) hehe. Awalnya saya rada sangsi juga ini film lebay amir sih judulnya Seliter Air Mata. Kayak apa sih filmnya? Soalnya waktu itu pas saya lagi googling eh nggak sengaja nyasar ke forum diskusi yang lagi ngebahas 10 film yang paling menguras air mata dan salah s…

Perkataan yang Mengherankan

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Jika ada perkataan yang dianggap mengherankan maka lebih mengherankan lagi adalah ucapan orang yang mengatakan :
Ia meyakini tiada Ilah selain Allah tetapi ia menyeru Tuhan selain Allah Ia meyakini Muhammad adalah Rasulullah tetapi ia tidak meneladaninya Ia meyakini Al-Qur'an itu kitab yang mulia tetapi ia tidak mempelajarinya & mengamalkannya dalam kehidupan Ia meyakini kedatangan suatu hari yang pada hari itu semua amalan akan dihisab tetapi ia tidak mempersiapkan dirinya untuk hari yang amat berat itu dan menunggu dalam kelalaian Ia meyakini bahwa zikir itu dapat menyucikan jiwa tetapi hati & mulutnya selalu dikotori dengan menabur fitnah & ghibah Ia meyakini Allah Maha Mengawasi tetapi ia tidak malu berbuat hal yang dimurkai-Nya
*repost*

Tekad

Bismillaahirrahmaanirrahiim
Kali ini saya akan sedikit berbagi cerita tentang nasyid. Sebenernya saya nggak terlalu paham mengenai nasyid tapi saya hanya ingin bercerita mengenai pengalaman saya hehe. Saya mengenal nasyid pertama kali dari guru saya ketika mengaji di TPA. Selain sering nyetel murottal guru saya itu suka banget nyetel nasyid. Pertama kali denger wah lagu apa ya ini? Kok enak gitu dengernya lembut di telinga *emangnya kapas* liriknya menyentuh hati hehe. Persisnya lagu apa saya nggak inget maklum sudah bertahun-tahun lalu. Sewaktu TQA saya dan teman-teman pernah diikutin lomba nasyid tingkat SD, SMP, SMA dan Alhamdulillah belum juara hehe. Entah kenapa guru yang sekaligus jadi wali kelas saya ini sering banget mengikutsertakan kami dalam lomba yang diadakan di masjid-masjid lain tidak hanya lomba nasyid saja tapi hafalan, kaligrafi, menggambar, cerdas cermat, adzan bahkan sampai lomba menyusun puzzle.
Wah cukup banyak juga ya lomba yang kami ikuti saat itu. Awal-awal …

Belajar Untuk Kecewa

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Hai sahabat pernahkah kalian merasa 'dikecewakan' oleh Tuhan? Merasa sudah berusaha yang terbaik namun hasil yang dipetik tidak sesuai keinginan dan kehendak diri. Saya yakin kalian pasti pernah mengalaminya. Allah menciptakan segala sesuatunya berpasang-pasangan panas bersama dingin, siang beriringan dengan malam, laki-laki berdampingan dengan wanita, tangis bergantian dengan tawa, puas dengan kecewa. Dan begitupun dengan bahagia sudah sunnatullah-Nya juga bergandengan dengan duka.
Terkadang kita merasa bahwa kita sudah berusaha sekuat tenaga namun hasil yang diharapkan tak sesuai kenyataan. Apa yang telah kita perjuangkan dan usahakan sia-sia semata. Lantas apakah Allah telah berlaku zhalim kepada kita? Tidak kawan. Allah tidak pernah menzhalimi hamba-Nya justru kitalah yang seringkali menzhalimi diri sendiri bahkan menzhalimi Allah.
Pernah suatu ketika saya merasa kecewa sekali atas hasil yang saya upayakan sekuat tenaga. "Kok Allah gitu s…

Langkah Kecil Sang Kakek

Gambar
Bismillaahirrahmaanirrahiim
Suara adzan berkumandang dari pengeras suara masjid dekat rumah. Saya bergegas ke masjid untuk mengikuti shalat tarawih berjamaah. Ketika saya hampir sampai, di depan saya seorang kakek yang (maaf) agak bungkuk dengan tangan bergetar sedang berjalan pelaaaan sekali. Tak lama kemudian iqamah terdengar dari pengeras suara namun sang kakek masih belum sampai ke pintu masjid. Teringat dengan kisah Ali yang 'rela' (hampir) terlambat shalat subuh berjamaah karena menghormati seorang kakek beragama Yahudi itu rasanya kurang sopan apabila saya yang lebih muda mendahului kakek tersebut. Saya yang berada di belakangnya berusaha sabar menunggu sampai kakek tersebut sampai di pintu masjid. Wong sahabat Ali saja 'rela' (hampir) melewatkan kesempatan shalat subuh berjamaah dengan Rasulullah dan bersabar menunggu hingga kakek tersebut melewati masjid meskipun beliau sangat tergesa-gesa. Dan ketika tiba di masjid Ali terkejut dan gembira karena Rasululla…

Resep yang sering keluar di UPK

Bismillaahirrahmaanirrahiim
Postingan ini berdasarkan request adik-adik yang mau UPK hehe semoga belum terlambat yaa >.<

Hmm bagi siswa/i SMK rentang bulan Februari-Maret biasanya menjadi bulan-bulan yang cukup memompa adrenalin. Pasalnya di bulan ini mereka akan diuji bahwa setelah menempuh perjalanan panjang selama 3 tahun mereka siswa/i SMK terbukti lulus serta memiliki kompetensi yang bisa menjadi modal awal untuk terjun ke dunia kerja. 
Tak dapat dipungkiri UPK seringkali menjadi momok yang menakutkan. Saya sendiri sempat merasakan ketegangan dan cukup kelelahan kala itu. Ternyata menjalani hidup sebagai siswi SMK cukup berat juga ya <--- baru nyadar. Di semester terakhir kalian akan menemukan banyak sekali ujian. Mulai dari Ujikom (Uji Kompetensi) dengan institusi pasangan (bisa Apotek, RS dll) dilanjutkan dengan TPP dan UPK lalu disambut oleh UASBN. Tidak hanya sampai disitu lepas dari UASBN UNKK sudah menanti. UNKK berlalu UN datang menyapa. Oh ujian-ujian itu datang…

Tips Menembus Jerat UPK

Gambar
Bismilllaaahirrahmaanirrahiim
Kali ini saya akan berbagi tips untuk lulus UPK berdasarkan pengalaman saya hehe. Mudah-mudahan bermanfaat yaaa !
Pra-UPK
1.Sadar
Sadar disini bukan sadar secara fisik tetapi kesadaran batin. Kenapa kesadaran batin itu penting? Karena kesadaran batin itu akan menggerakkan jiwa kita untuk terus berusaha. Misalnya kalau kita nggak sadar mau ujian mungkin kita bakal santai-santai dan cuek aja atau kalaupun belajar mungkin hanya belajar ‘ala kadarnya’. Lain halnya jika kita benar-benar menyadari bahwa ujian yang kita hadapi ini ujian yang penting tentu kita bakal mempersiapkannya dengan sebaik dan seoptimal mungkin kan?
2.Mental
Persiapan mental juga sangat diperlukan. Banyak kejadian siswa/i yang jago tapi jatuh ketika ujian hanya karena mereka nggak menguasai dirinya. Mereka nggak bisa mengendalikan mental mereka. Orang yang panik dan tegang seringkali nggak bisa berpikir jernih jika kepanikan mereka tidak segera diatasi.
Takut dan tegang adalah hal yang sangat wa…