Postingan

Menampilkan postingan dari 2016

Ippho Santosa, Sosok Motivator & Inspirator Favoritku

Gambar
Bismillaahirrahmaanirrahiim


"Guru biasa-biasa saja hanya bisa menceritakan. Sementara guru yang hebat bisa memberikan inspirasi"
Usianya belum genap 40. Pun beliau lahir dari latar belakang keluarga yang sederhana. Sejak kecil kondisi fisiknya amatlah lemah. Bahkan ketika duduk di bangku SMA ia sering pingsan sewaktu upacara dan mata pelajaran olahraga. Tidak hanya itu dalam pelajaran bahasa Inggris ia juga tergolong anak yang paling bodoh di kelas. Sudah lemah fisiknya, paling bodoh dalam mata pelajaran bahasa Inggris ia juga kuper dan minder. Sewaktu di tanah perantauan ayahnya meninggal. Demi menyambung hidup dan membiayai kuliahnya setiap hari ia berjualan makanan sejak pukul 6 sore hingga pukul 12 malam.
Ya, beliau lah salah satu guru saya. Guru yang tidak hanya pandai bercerita dan beretorika namun pandai memotivasi dan menginspirasi. Tidak hanya pandai berkata-kata namun bekerja terwujud dalam karya nyata. 
Mas Ippho Santosa. Sosok motivator, inspirator yang melalui…

Writing Spirit

BismillaahirrahmaanirrahiimBtw postingan ini terinspirasi pas browsing-browsing random gitu. Lupa sih baca dimana tapi intinya tentang semangat menulis. Dulu pas zaman kekhalifahan Islam baik Dinasti Umayyah maupun Abbasiyah lahir ulama-ulama terkenal. Beliau-beliau ini bahkan menelurkan karya-karya monumental yang hingga hari ini bisa kita nikmati.Shahih Bukhari, Shahih Muslim, Al-Muwatta'-nya Imam Malik, Imam Syafi'i, Ibnu Qayyim Al-Jauziyah, Tafsir 30 Juz Ibnu Katsir dll.
Karya-karya para ulama ini nggak cuma di bidang Fiqh tapi merambah di segala bidang. Aqidah, Syari'ah, Sejarah dll. Ulama' terdahulu, mereka sama sekali nggak ada niatan menulis buat mencari materi. Motivasi beliau menulis murni karena ingin mengabdikan diri untuk umat. Menulis untuk mencerahkan umat. Menulis demi membimbing umat. Boro-boro dapet royalti. Kitab-kitab kita karangan ulama' ini justru kebanyakan dibukukan oleh murid-murid setelah beliau wafat.Nggak ada yang mereka cari selain Ridh…

Panen Raya 'Idul Fitri'

Gambar
Bismillahirrahmaanirrahiim
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa” (QS. Al Baqarah: 183)
Mumpung masih suasana lebaran saya mau posting tentang lebaran huehue. Keep on reading ya :D Alhamdulillah ya tahun ini juga nggak ada drama-drama perbedaan penentuan 1 Syawal hehe. Satu hal yang patut disyukuri. Kali ini saya mau bahas tentang Hari Raya Idul Fitri. Eh ya sebelumnya saya mau ngucapin "Taqabbalallahu minna wa minkum shiyamana wa shiyamakum Ja'anallahu minal 'aidin wal faizin. Semoga Allah menerima ibadah shaum kita semua dan semoga Allah menjadikan kita orang-orang yang kembali dari kemenangan" aamiin :)
Apa sih yang kalian bayangkan kalau mendengar kata "Idul Fitri"? Baju baru? THR-an? Kue lebaran? Ketupat dan Opor Ayam? Salam-salam…

Perbedaan Itu Rahmat

Bismillaahirrahmaanirrahiim
Alhamdulillah udah masuk bulan Ramadhan aja ya nggak kerasa banget. Jujur aku agak sedikit takut sih menghadapi bulan Ramadhan ini. Soalnya bulan ini itu bulan yang penuh perjuangan dan challenging banget buat aku hehe. 
Anyway Ramadhan tahun ini nggak ada drama-drama beda awal puasa lagi ya? Alhamdulillah. Kadang aku suka ironis dan agak sedih aja gitu memikirkan realita bahwa Indonesia ini kan negara muslim terbanyak di dunia tapi kok penetuan awal Ramadhan aja kudu pake drama antara yang pake metode hisab dan ru'yatul hilal. Katanya negara dengan umat Islam terbanyak di dunia tapi masa nggak bisa mengatasi perbedaan penentuan awal Ramadhan? Ironis nggak sih? Maaf ya kalau rada SARA. Menurutku hal-hal seperti ini itu bisa menyulut perpecahan di antara umat Islam jika dibiarkan terus-menerus.
Baik metode hisab ataupun ru'yatul hilal kedua-duanya sama baik dan ada dalilnya kok. Dan ada kaidah ushul fiqh yang menyatakan "Ijtihad itu nggak bisa …

Kehilangan

Bismillaahirrahmaanirrahiim
Hari ini saya turut berduka atas meninggalnya putri dari guru semasa saya SMK dulu. Sedih rasanya, mengingat beliau ditinggal putri satu-satunya. Meski belum menjadi orang tua tapi saya bisa merasakan seperti apa rasanya kehilangan. Sebelum putrinya lahir ternyata perjuangan yang ditempuh amat berliku. Sempat keguguran dan hingga akhirnya Allah karuniakan kepada mereka putri kecil yang lucu. Pun setelah lahir ternyata putri tercinta mereka harus melalui perjuangan panjang melawan penyakitnya hingga akhirnya Allah menjemput-Nya kembali. Di sini kami masih berjuang meraih ridha-Nya. Berbahagialah wahai malaikat kecil ternyata Allah berkenan meridhaimu lebih dulu :) "Seseorang yang pernah memiliki akan jauh lebih merasa kehilangan dibanding seseorang yang belum pernah memiliki"  Duh saya lupa pernah baca quotes itu di mana, intinya sih kurang lebih kayak gitu. Dipikir-pikir bener juga sih. Sesedih-sedihnya orang yang belum pernah punya anak mungkin …

Manajemen Diri dan Waktu

Gambar
Bismillaahirrahmaanirrahiim
Di sini ada yang pernah nonton film In Time nggak? Kalau ada yang nggak tau saran saya nonton deh. Di film itu digambarin betapa berharganya arti sebuah waktu. Saya agak-agak lupa sih ceritanya intinya sih di masa depan nanti gen penuaan akan dimatikan. Jadi orang akan berhenti menua ketika usianya menginjak 25 tahun. Tapi sebagai gantinya mereka harus membayar waktu yang mereka dapatkan untuk bisa bertahan hidup. Waktu di sini berfungsi sebagai mata uang dan alat pembayaran. Mau belanja bayarnya pake waktu bahkan naik bus juga bayarnya pake waktu.
Karena waktu berfungsi sebagai mata uang dan alat pembayaran, waktu di sini bisa dicuri dan dirampas dari orang lain lho ! Orang kaya bisa hidup selamanya dan tanpa waktu yang terbatas sementara orang miskin dari hari ke hari hanya bisa mencoba bertahan dan bergulat dengan sisa waktu yang terasa semakin menghimpit.
Rasulullah seringkali mengingatkan kita tentang pentingnya waktu. Bahkan Rasulullah membenci orang…