Menyikapi Perubahan dengan Bijak

Sumber gambar : google
Bismillaahirrahmaanirrahiim

Hidup itu dinamis. Ya karena kita tidak akan pernah menemukan suatu hal yang sama. Dalam hidup selalu ada yang berubah baik cepat atau lambat, suka atau tidak suka. Perubahan perlu disikapi dengan positif agar perubahan yang terjadi dapat menuntun kita ke arah kehidupan yang lebih baik. Memang pada kenyataannya banyak orang yang takut atau enggan berubah. Mengapa? Karena perubahan yang datang tak selalu indah bahkan seringkali perubahan yang kita hadapi adalah hal yang pahit. Banyak sekali faktor yang menyebabkan orang-orang enggan atau takut untuk berubah padahal dibalik itu perubahan selalu membawa harapan akan kehidupan yang lebih baik. Berikut kutipan mengenai perubahan yang saya ambil dari buku Moga Bunda Disayang Allah.

“Ibu, rasa nyaman selalu membuat orang –orang sulit berubah. Celakanya, kami sering kali tidak tahu kalau kami sudah terjebak oleh perasaan nyaman itu. Padahal diluar sana, ditengah hujan deras, petir, guntur, janji kehidupan yang lebih baik boleh jadi sedang menanti. Kami justru tetap bertahan di pondok reot dengan atap rumbia yang tampias dimana-mana, merasa nyaman, selalu mencari alasan untuk berkata tidak atas perubahan, selalu berkata ‘tidak’”.

“Ibu, rasa takut juga selalu membuat orang-orang sulit berubah. Celakanya, kami seringkali tidak tahu kalau hampir semua yang kami takuti hanyalah sesuatu yang bahkan tak pernah terjadi. Kami hanya gentar oleh sesuatu yang boleh jadi ada, boleh jadi tidak. Hanya mereka-reka, lantas menguntai ketakutan itu , bahkan kami tega menciptakan sendiri rasa takut itu, menjadikannya tameng untuk tidak mau berubah”. Pada dasarnya banyak sekali motif yang menyebabkan orang enggan atau takut untuk berubah. Namun faktor terbesar yang menyebabkan orang enggan menyongsong perubahan adalah karena ketakutan dan rasa nyaman. Cara untuk menyelesaikan problem diatas adalah dengan hadapi rasa takutmu dan keluarlah dari zona aman untuk janji kehidupan yang lebih baik !

Komentar

Pos populer dari blog ini

Jurnal Resep yang Sering Keluar di UPK

Resep yang sering keluar di UPK