Adab Menuntut Ilmu

Sumber gambar : google
1.Memohon (berdo'a) kepada Allah SWT supaya diberikan kemudahan untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat disertai dengan niat yang ikhlas.
2.Memahami dengan penuh kesungguhan pelajaran yang dipelajari.
3.Bila mendapat kesulitan janganlah ragu untuk bertanya/mendiskusikannya denganmu hingga engkau memahaminya dengan baik.
4.Bila gurumu telah memilihkan tempat untukmu janganlah engkau pindah ke tempat lain.
5.Bila temanmu mengganggu, jangan engkau meladeni dan mengusirnya, jangan pula berkata kasar padanya, cukup laporkan pada gurumu yang akan menyelesaikan masalah itu secara bijaksana.
6.Bila pelajaran telah dimulai maka simaklah setiap pembicaraan gurumu dengan penuh kesungguhan jangan sampai engkau melamun, mengobrol, main-main, dan sebagainya hingga engkau tidak paham.
7.Bila engkau belum paham, mintalah kepada gurumu untuk mengulanginya kembali dengan sopan, dan jangan engkau melantangkan suara dihadapan gurumu serta jangan engkau bantah penjelasan gurumu sehingga ia tidak menyukaimu.
8.Muliakanlah orang (guru) yang telah memberikan ilmu kepadamu dan jika engkau tidak mau memuliakannya niscaya engkau tidak akan mendapatkan manfaat dari ilmu yang diajarkannya.
9.Hiasilah ilmu pengetahuanmu dengan sikap tawadhu (rendah hati) dan akhlaq yang baik maka Allah SWT akan mengangkat derajatmu dan menjadikan seluruh Makhluk-Nya cinta dan hormat kepadamu.
10.Bila engkau takabur dan berakhlaq tercela maka jatuhlah martabatmu dan Allah akan menjadikan seluruh Makhluq membencinya dan tidak mungkin ada yang menghormati, memuliakan, serta menyayanginya.
11.Menanti saran, kritik, teguran dari guru janganlah engkau lakukan sesungguhnya mawas diri itu lebih utama dan lebih besar manfaatnya.

Komentar

  1. Ka, tulisannya keren ^^
    Izin share yah, ada beberapa yang mau aku share...
    terimakasih utk ilmunya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ya udah berkunjung hehe. Mangga kalau mau di-share. Saya juga masih belajar nulis hehe ^^
      Maaf baru kebaca komentarnya hehe

      Hapus

Poskan Komentar

Kasih komentar dong biar nggak terlalu sepi hehe

Pos populer dari blog ini

Jurnal Resep yang Sering Keluar di UPK

Resep yang sering keluar di UPK