First Day MOKA-KU



Bismillaahirrahmaanirrahiim

Proses menjadi mahasiswa itu ternyata tidaklah mudah. Sebagai mahasiswa baru saya masih harus melewati serangkaian proses yang masih saaangaaat panjang. Beres registrasi akademik saya harus mengikuti kegiatan orientasi kampus. Di UPI namanya MOKA-KU (Masa Orientasi Kampus dan Kuliah Umum). Kegiatan MOKA-KU berlangsung selama 4 hari mulai dari tanggal 26 Agustus sampai 29 Agustus.

Apa sih tujuan dari MOKA-KU? Menurut Booklet Panduan Peserta MOKA-KU 2014 sih agar mahasiswa baru bisa mengenal seluruh unsur yang berada dalam lingkup kampus mulai dari teman satu jurusan, teman lintas jurusan, teman lintas fakultas, organisasi kemahasiswaan tingkat jurusan hingga universitas, sistem perkuliahan yah intinya sih untuk mengenal lebih dekat dengan lingkungan kampus Universitas Pendidikan Indonesia.



Kegiatan ini mengikat bagi seluruh mahasiswa baru. Jadi kegiatan ini bersifat wajib. Kenapa wajib? Karena hanya yang mengikuti kegiatan MOKA-KU saja yang akan mendapatkan sertifikat yang akan menjadi pra-syarat ketika akan mengikuti sidang skripsi.

Booklet Panduan Peserta MOKA-KU bakalan menjelaskan semuanya kok mulai dari tata tertib, larangan, petunjuk teknis dll. Secara garis besar peserta MOKA-KU diharuskan berpakaian rapi menggunakan atasan putih dan bawahan hitam, bersepatu hitam, menggunakan kaos kaki putih dan menaati tata tertib.

Para peserta MOKA-KU dibagi menjadi 5 sektor. FPBS kebetulan sektor 4. Setiap peserta diwajibkan membawa perlengkapan yang sudah ditentukan seperti buku MOKA-KU, name tag, alas duduk yang semuanya sudah diatur ketentuannya dalam booklet panduan. Tiap sektor diwajibkan mengenakan atribut MOKA-KU seperti buku MOKA-KU dan name tag tapi masing-masing sektor dibedakan warnanya. Untuk sektor 4 kita kebagian warna KUNING hehe.

Masing-masing sektor juga diharuskan meneriakkan yel-yelnya untuk meramaikan acara pembukaan MOKA-KU yang bertempat di Gymnasium. Pokoknya rame banget. Kadang sektor 1 perang yel-yel dengan sektor 3 dan seterusnya.

Oh ya peserta MOKA-KU harus tiba di sektornya masing-masing maksimal 15 menit sebelum acara dimulai. Kebetulan sektor 4 itu berkumpulnya di gedung FPMIPA. Harusnya sih paling lambat pukul 05.30 udah berkumpul di sektor tapi tetep aja pada banyak yang telat termasuk saya hehe. Padahal udah siap-siap dari subuh. Saya yang diantar oleh abah saya diturunin di gate 1. Padahal dari gate 1 ke FPMIPA itu cukup jauh. Ditambah lagi saya belum tau lokasi gedung FPMIPA. Ya udah deh telat pake banget.

Setibanya di gedung FPMIPA saya langsung celingak-celinguk nyari kelompok saya. Disitu udah banyak peserta yang berkumpul sesuai dengan kelompoknya. Akhirnya ketemu juga kelompok saya. Kelompok 40 dipandu oleh teh Isnaeni Rahmawati dari jurusan Ilmu komputer angkatan 2012. Disitu saya disuruh absen, ngisi selebaran dan selanjutnya ada materi dari pemandu. Setelah berkenalan dengan semua anggota kelompok dan mendengarkan materi singkat dari pemandu kita disuruh berbaris sesuai dengan kelompok.
 Di depan kita berdiri kakak-kakak pemandu yang bawa TOA meneriakkan yel-yel sektor 4. Gini nih yel-yelnya:

Yel-yel 1

Yo ayo sektor 4
Teriakkan semangatnya hoi hoi
Yo ayo kita sektor 4
Kita pasti jadi juaranya
Di MOKA-KU kitalah no 1
Kampus UPI adalah istanaku hoi hoi
Sektor 4 adalah semangatku
Warna kuning kebanggaanku

Yel-yel 2

Disini kuning disana kuning
Dimana-mana semuanya kuning
Di sektor 4 warnanya kuning
Ganteng dan cantik semuanya bening
La la la sektor 4 la la la sektor 4
La la la sektor 4 warna kuning 2x

Setelah berkoar-koar meneriakkan yel-yel kita dikondisikan untuk pergi menuju Gymnasium. Di perjalanan saya melihat banyak sekali maru-maru berbaris sesuai sektor masing-masing. Barisannya panjaaaang buanget. Ini rombongan maru apa rombongan kafilah dagang sih? Batin saya hehe. Subhanallah nguantri buanget pas mau masuk ke pintu Gymnasiumnya.

Semua peserta sudah duduk sesuai sektornya masing-masing. Sektor 4 kebagian di lantai 1 berhadap-hadapan dengan panggung. Nggak lama kemudian acara pembukaan MOKA-KU dimulai. Prosesi pembukaan MOKA-KU 2014 diawali dengan iringan lagu Indonesia Raya, Hymne UPI dan Mars UPI yang dibawakan oleh mahasiswa seni tari dan seni musik. Selanjutnya pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh juara MTQ Nasional 2014 yaitu saudara M. Ramdan Mubarok dari jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Ciee anak bahasa Arab eksis hehe. Rada bangga euy sautik. Lantunan ayat suci yang mengalun syahdu berhasil membius saya. Merduuu sekali jadi merinding dengernya. Dalam hati saya juga pengen jadi kayak gitu. Semoga saja.

Acara selanjutnya yaitu peresmian mahasiswa baru oleh rektor. Para pejabat dan petinggi kampus maju ke depan panggung diiringi suara gong dan degung. Cukup banyak juga yang datang. Bapak-bapak dan ibu pejabat ini mengenakan baju kebesaran semacam toga lengkap dengan kalungnya. Beberapa petinggi ada yang mengenakan topi toga yang agak berbeda dari biasanya. Bukan topi toga bersegi lima tapi mirip topi baret gitu jadi berasa lihat profesor-profesor yang ngajar di Hogwarts hihi :p

MOKA-KU hari pertama sih kebanyakan isinya sambutan dan kuliah umum. Awal-awal sih saya masih on fire. Masih fokuslah dengerin kuliah umum. Beranjak siang boro-boro fokus, nggak tidur pas kuliah umum aja udah syukur haha.

Dari kuliah umum yang diberikan oleh pemateri saya tertarik dengan kuliah umum yang disampaikan oleh Mayjen Pangdam III Siliwangi Dedi Kusnadi Thamim. Judulnya “Penguatan Politik Untuk Menyongsong Indonesia Emas dalam Perspektif Kedaulatan NKRI”. Agak terkesan boring sih judulnya tapi yang bikin menarik materinya itu nyinggung-nyinggung tentang Proxy War. Sekarang kan lagi rame tuh isu-isu kalau Jokowi agen proxy pihak asing. Kebetulan kemarinnya saya juga habis baca kultweet tentang Proxy War hehe :p

Meskipun ada beberapa hal yang saya kurang sependapat dengan beliau tapi overall materinya cukup menarik dan mencerahkan.
Agar tidak jenuh setelah kuliah umum acara selanjutnya diselingi oleh sambutan dari Presiden BEM REMA UPI 2014 yaitu Kang Ahmad Faqihuddin. Namanya mirip-mirip nih sama Ketua BEM KEMABA FPBS UPI. Kayaknya yang namanya Ahmad itu tipikal-tipikal orang yang berjiwa pemimpin kali ya? *sotoy mode on

Kang Ahmad Faqihuddin ini perawakannya agak sedikit tambun dan mirip-mirip Nardji gitu kalau saya lihat. No offense yah ini kan menurut pendapat saya. Isi sambutannya lebih banyak menyinggung peran pemuda sebagai pelopor kebangkitan umat. Soal ini saya setujuuuu. Sejarah juga membuktikan sejak zaman para nabi dan rasul pemuda selalu berperan aktif dan membawa perubahan yang besar bagi bangsa bahkan dunia. Dengan gaya orasinya yang berapi-api nampaknya Kang Faqih hendak menyihir kita agar turut larut dalam orasinya. Saking lantangnya di mata saya Kang Ahmad Faqihuddin terlihat seperti singa yang sedang mengaum gahar tapi melejitkan semangat.

Kuliah umum selanjutnya nggak usah saya review yah capek hehe. Rasain aja sendiri. Kuliah umum dilanjut setelah shalat dzuhur. Beres shalat dzuhur peserta dipersilahkan untuk makan siang dengan bekal masing-masing.
Materi selanjutnya berkaitan dengan akademik. Mulai dari beban SKS mahasiswa, masa studi, petunjuk mengontrak mata kuliah, FKKB dll. Selanjutnya materi tentang pengenalan ormawa, peraturan kedisiplinan mahasiswa UPI dll.

Sesi berikutnya adalah pemutaran video Selayang Pandang UPI dan acara terakhir adalah pengenalan ormawa tingkat universitas seperti BEM, MPM, DPM dll. Acara kematerian telah berakhir dan sebelum acara ditutup ada penampilan angklung dari anak seni musik dan UKM KABUMI. KABUMI membawakan lagu Let It Go OST Frozen. Gila merinding dengernyaaa. Keren bangetlah performancenya saluuut !

Finally serangkaian kegiatan MOKA-KU 2014 hari pertama telah berakhir. See you next day !

Komentar

  1. Balasan
    1. Hai adeee ^^
      maru juga di UPI kah?

      Hapus
  2. iya kak. besok nih mokanya :D
    agak dekdekan. kayaknya jatuh cinta sama moka gitu ya(?) ehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jatuh cinta? Cieee ciee XD

      Hapus
    2. Jatuh cinta? Cieee ciee XD

      Hapus
  3. Kak semua perlengkapan bakal diperiksa ga? kaya nametag harus berapa cm gitugitulah diperiksa ga kak? Terus bakal dimarahin ga nanti? Apa berjalan dengan santai dan bahagya? Mohon dibales secepatnya ehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua perlengkapan diperiksa. Berapa cm-nya diukur atau nggak sih saya lupa dek haha. Nggak akan dimarahin kalau melanggarnya nggak ketahuan XD wkwkwk. Intinya setiap pelanggaran sih ada konsekuensinya. Soal berjalan dengan santai dan bahagia sih tergantung dari perspektif kita yang menjalaninya. Santai aja dek Hadapi, Hayati, Nikmati. Jangan panik, jangan tegang, jangan dibuat stres. Stay cool dan keep positive ya ^_^

      Hapus
    2. Aslii sorry banget inima, baru keliat notifnya hahaha. Makasiiihh yaa informasinya kak

      Hapus
    3. Haha iya gapapa :)
      Btw masuk jurusan apa nih?

      Hapus

Posting Komentar

Kasih komentar dong biar nggak terlalu sepi hehe

Postingan populer dari blog ini

Jurnal Resep yang Sering Keluar di UPK

Sepucuk Surat Cinta Untuk Sang Guru