Perjuangan Masuk PTN Part II

by - Oktober 06, 2014



Lanjut ke Part II

Sambil nunggu ujian tahun depan saya kerja di salah satu apotek di daerah Cikutra. Yah lumayanlah sambil ngisi waktu luang. Belajar sambil kerja itu ternyata tidak mudah. Belajar di tempat kerja nggak kondusif soalnya banyak kerjaan mau belajar habis pulang kerja juga udah keburu ngantuk dan lelah.

Oke bagian ini nggak penting skip aja ya

Saya belajar pake buku wangsit. Itu lho bukunya om Jero. Beliau ini dulunya cuma pemulung tapi berkat kegigihan dan kerja keras beliau berhasil jebol FTTM ITB lewat SPMB meski tanpa les atau bimbel. Nah karena om Jero juga ingin berbagi pengalamannya dengan anak-anak yang akan menghadapi tes PTN beliau bikin grup SBMPTN 2014 dan bersama timnya menyusun sebuah buku persiapan tes PTN yang dinamai “Wangsit”. Unik ya namanya? Nggak cuma namanya aja yang unik meskipun bukunya cukup murah tapi jangan salah kualitasnya oke punya lho ! Buku disusun per bab dan untuk masing-masing pelajaran dipisah. Jadi belajarnya lebih fokus.

Tiap buku ada tips dan strateginya masing-masing. Satu lagi yang bikin spesial, buku ini NGGAK DIJUAL DI TOKO BUKU MANA PUN. Jadi ya rada ekslusif gitu. Kata om Jero kenapa buku ini nggak dimasukin ke toko-toko buku besar di Indonesia soalnya untuk memutus mata rantai distribusi. Tau sendiri kan kalau jalur distribusinya panjang harga bukunya juga pasti jatuhnya lebih mahal. Wah om Jero emang baik banget deh, harga jual bukunya udah dipertimbangkan biar nggak memberatkan para siswa.

Selain menjual buku om Jero juga suka ngasih motivasi, arahan, dan menerima konsultasi juga. Oh ya om Jero juga suka ngadain Try Out. Sayangnya Try Out nya offline jadi terbatas cuma di daerah Banten aja. Untuk peraih poin tertinggi di Try Out juga bakal dapet reward dari om Jero. Tuh baik banget kan om Jero ^^

Pasca ujian biasanya om Jero suka ngadain Quick Count. Eits bukan hitung cepat hasil pemilu ya tapi hitung cepat hasil SBMPTN. Kita tinggal nyocokin dengan kunci jawaban yang biasanya akan dishare di web-nya Wangsit Education. Nanti om jero bakal menganalisa kira-kira kita bakal lulus di pilihan ke berapa. Sayangnya saya nggak ikutan Quick Count soalnya udah ditutup. Eh tapi emang nggak pengen tau juga sih. Nggak rame ah kalau tau duluan. Kurang greget. Lagian hasil Quick Count juga nggak 100% persis ya iyalah. Saya takut kalau hasilnya nggak sesuai dengan yang saya harapkan mental saya keburu nge-down duluan.

Saya ujian di SMPN 19 Bandung. Lokasinya di daerah Sadang Serang nggak jauh dari gedung sekolah saya yang baru. Saya ujian di ruangan yang paling pojok bersebelahan dengan sungai. Suara gemericik air yang mengalir deras agak menganggu saya saat itu.

Flashback sebentar pas pemilihan jurusan

Pilihan pertama saya jatuh pada SF ITB. Pilihan kedua SITH ITB. Saya keukeuh pisan milih ITB. Da gimana atuh ya saya udah cinta mati sama kampusnya. Terobsesi tepatnya. Usaha pas-pasan tapi keukeuh milih ITB haha. Nggak tau diri ya? Emang. Saya akui deh soal itu. Tinggal tersisa 1 pilihan jurusan. 2 hari lagi pendaftaran SBMPTN ditutup. Pilihan ketiga diisi apa ya? Karena ini kesempatan terakhir saya nggak mau milih serampangan.

Aha saya dapet wangsit ! Saya pilih Pendidikan Tata Boga aja gitu ya? Ilmunya kan aplikatif banget gitu. Bisa langsung diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Buru-buru googling tentang jurusan tata boga.

Simsalabim dalam sekejap muncul blog-blog tentang tata boga. Saya mampir ke blog mahasiswa tata boga yang memposting hasil praktikumnya. Praktikumnya masak-masak gitu iiiih. Belajar teknik memotong dll. Kalau dulu pas SMK saya praktikum pake jas lab ini mah praktikumnya pake jacket chef. Wiih kece badai. Sempet kepincut juga pengen ambil tata boga tapi setelah dipikir-pikir kok saya masih rada nggak sreg yah. Berdasarkan data peminat dan jumlah kuota yang tersedia kok berbanding terbalik ya. Perbandingannya jauh banget. Lumayan banyak peminatnya berarti ya? Ah nggak jadi saya pilih deh hehe.

Saya memutuskan untuk shalat istikharah. Allah pasti tau yang terbaik. Teringat perkataan seorang guru “Libatkan Allah dalam setiap keputusan kita Insya Allah Dia akan memberikan pilihan yang terbaik”. Sekali nggak ada jawaban. Dua kali masih belum muncul pertanda. Sekali, dua kali, tiga kali nggak tau deh berapa kali saya shalat istikharah. 

Saat itu saya masih belum punya jawaban. Ya udahlah buka web SBMPTN aja. Saat itu saya melihat daftar fakultas dan pilihan jurusan yang ada di UPI. Kakak saya di Pendidikan Bahasa Jerman, kakak tingkat di Pendidikan Bahasa Jepang, temen di Pendidikan Bahasa Perancis. Apa saya ngambil bahasa juga ya? Tapi bahasa apa? Jepang? Nggak deh. Jerman? Nggak juga. Perancis? Kayaknya ribet. Indonesia? Nggak ah hehe. Tinggal jurusan bahasa Arab yang tersisa. Ya udah saya memutuskan untuk menempatkan Pendidikan Bahasa Arab UPI di pilihan ketiga.

Kalau ada yang nanya kenapa milih bahasa Arab mungkin akan saya jawab karena peminatnya nggak terlalu banyak dan kuota yang tersedia lumayan banyak juga. Berdasarkan data peminat tahun sebelumnya dari sekitar 600 yang mendaftar yang diterima 80 orang. Mendinglah daripada jurusan tata boga dari 100 yang mendaftar yang diterima hanya 18 orang. Pilihan yang cukup realistis menurut saya.

Alasan lain saya memilih bahasa Arab karena bahasa Arab adalah bahasa Qur’an dan bahasa penghuni surga. Untuk memahami isi Qur’an juga dibutuhkan kemampuan berbahasa Arab. See pentingnya bahasa Arab? Insya Allah saya mantap meminang Pendidikan Bahasa Arab UPI di pilihan ketiga saya :p

Balik lagi ke ujian SBMPTN

Mapel pertama yang diujikan adalah SAINTEK. Dilanjut dengan TKD dan terakhir SOSHUM. Tahun ini agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Selain biaya pendaftaran ujian yang lebih murah dibandingkan tahun sebelumnya yaitu Rp.100.000,- tahun ini ujian hanya berlangsung selama 1 hari. Kebayang kan gimana hecticnya?

Ketika mapel yang kedua berlangsung saya agak sedikit panik. Entah kenapa waktu berjalan cepat sekali. Pasalnya tahun sebelumnya Tes Kemampuan Dasar kayak Matematika, B.Indonesia dan B.Inggris dan TPA dipisah. Tahun ini keempat mapel itu disatuin. Kebayang kan?

Saya masih ingat betul pas pengawasnya bilang waktu ujian tinggal 30 menit lagi soal-soal bahasa inggris masih belum pada dijawab -_- . Secepat kilat saya kerjain tuh soal-soal sambil mengerjakan pelajaran lain yang sekiranya masih bisa dijawab.

Selesai ujian saya langsung pulang capek banget soalnya. Ujian sampe siang. Otak bener-bener diperes. Padahal cuma duduk melototin soal tapi lelahnya luar biasa hehe lebay.

Lanjut ke pengumuman

Pengumuman SBMPTN dapat dilihat pada tanggal 16 Juli pukul 17.00 bertepatan dengan bulan Ramadhan. Ya Allah semoga Ramadhan ini membawa keberkahan dan berilah hamba tempat yang terbaik menurut Engkau begitu doa saya tiap hari.
Sore itu saya lagi ikutan sharing di Pusdai ya hitung-hitung ngabuburitlah. Rada nggak konsen juga sih gara-gara ngelihatin jam mulu hehe. Deg-degan. Lihat FB isinya countdown menuju pengumuman SBMPTN semua. Duuuh.

Dug dug dug suara bedug bertalu-talu disambung oleh kumandang suara merdu muadzin yang mengalun syahdu. Alhamdulillah waktu buka sudah tiba. Sebelum membatalkan shaum saya tak lupa berdoa mengharapkan semoga hasil ujian saya baik-baik saja. Apa pun hasilnya saya berusaha ikhlas dan tawakkal. Allah pasti tau yang terbaik.

Usai acara dan shalat maghrib berjamaah saya pulang. Di rumah saya langsung diteror kakak saya yang penasaran sama hasil pengumuman. Langsung saya buka akses web SBMPTN dari si kuning picopad GCE saya. Dan ternyataaaaaa balik lagi ke halaman awal –
Duh bikin cenat-cenut aja. Mungkin trafficnya lagi padet kali ya. Sambil komat-kamit baca doa saya coba refresh lagi page SBMPTN-nya. Melihat saya yang lagi sibuk komat-kamit kakak saya bilang “Yakinlah dede mah lulus bahasa Arab wae mah”, berusaha menghibur. “Aamiin”, jawab saya.

Dan pas saya buka inilah hasilnya 

 Alhamdulillah Ya Allah berkah Ramadhan. Meski lulus di pilihan terakhir saya sama sekali nggak menyesal. Saya tetap bahagia dan bersyukur. Saya yakin ini pilihan yang terbaik. Guru saya pernah bilang kalau saya punya kemampuan di bidang bahasa. Mungkin memang benar kalau passion saya di bidang bahasa. Saya bertekad mulai detik ini saya ingin menjadi ahli bahasa ! Doakan ya teman-teman ^^

You May Also Like

61 komentar

  1. Hai kak aku sekarang anak kelas 12 nih dan mau beli buku Wangsit. Menurut kakak buku yang IPS bagus ga sih? Soalnya om Jero kan notabene latar belajangnya anak IPA tuh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Angela sebelumnya makasih ya udah berkunjung ke blog ini. Hmm menurut saya buku yang IPS juga nggak kalah bagus kok meskipun latar belakang Om Jero dari anak IPA. Setau saya yang nulis buku Wangsit nggak cuma Om Jero aja tapi ada tim penyusunnya juga. So jangan khawatir ya baik yang IPA maupun yang IPS sama-sama recommended kok bukunya ! Selamat berjuang !

      Hapus
    2. Oh gitu.. Makasih ya kak informasinya :D

      Hapus
    3. Sama-sama ^^
      Keep fighting ! Selamat berjuang yaah !!!

      Hapus
  2. banyak gak soal-soal yang mirip dengan itu buku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak kok yang mirip dan setipe meskipun nggak sama persis. Pahami aja konsep dasarnya Insya Allah bisa jawab. Selamat berjuang ya Heriyanto !!! Terima kasih udah berkunjung ^^

      Hapus
  3. Hai kak. Sama nih aku dari smk farmasi juga di bogor kak. Aku mau berjuang ptn juga nih (aku alumni lulusan 2015)~~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Rosi ^^
      Wah dari SMK Farmasi juga ya? Rencananya mau lanjut ke PTN mana?
      Selamat berjuang yaaa !!!
      Makasih udah berkunjung :D

      Hapus
    2. Iya kak, aku ngerti banget gimana anak smkf kalo berjuang di ptn apalagi kita ujian di sekolah banyak, praktikum dll😂. Insyaallah unpad kak, mohon doanya ya :D

      Hapus
    3. Haha iya kita senasib sepenanggungan ya Rosi
      Semangat belajarnyaaaaaa ^^
      Lanjut Farmasi Unpad kah rencananya?

      Hapus
    4. Iya kak, siaaap :D oya kak dulu kakak beli wangsit yg mana? Aku bingung mau beli yang mana-_-

      Hapus
    5. Iya kak, siaaap :D oya kak dulu kakak beli wangsit yg mana? Aku bingung mau beli yang mana-_-

      Hapus
    6. Semua buku bagus kok Rosi
      Pilih sesuai kebutuhan kamu aja
      Kalau saya dulu beli buku latihan soal per bab yang dipisah per mata pelajaran. Dulu belum ada paket gold, platinum gitu hehe
      Kalau saya cenderung lebih suka bukut yang dipisah per mata pelajaran jadi kalau mau belajar nggak berat tapi kalau Rosi pengennya jadi satu bundel ya beli yang paket aja :D

      Hapus
    7. Okedeh kak siaap makasih yaa :D

      Hapus
  4. Kak, aku jg ud pesen bku wangsit ny om jero buat bljr sbmptn.. Bku ny lg dlm prjlnan :D.. Do'ain ya kak smga nti hsil bljr aku mmbuahkan hasil yg baik :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa aamiin semoga diberikan hasil yang terbaik ya Ayu ^^
      Buku itu cuma sarana aja atau alat hehe yang lebih powerful itu usaha, doa dan tawakkal. Percuma punya buku bagus tapi jarang dibuka dan dipelajari hehe.
      Semangaaaat !!!

      Hapus
  5. Assalamualaikum kak,aku juga pake buku wangsit nih kak buat belajar sbmptn soalnya aku gak les jadi otodidak sendiri aja kak,,menurut Kaka soal-soalnya setipe atau model-modelnya sama gak kak?semoga aja buku itu membawa aku ke PTN yg terbaik :)

    BalasHapus
  6. Wa'alaikumussalam warahmatullah tipe-tipe soalnya nggak jauh beda kok tiap tahunnya paling beda-beda tipis.

    Iya semangat ya belajarnya dan jangan lupa berdoa. Semoga diberikan jalan yang terbaik :)
    Btw Tiyas mau ambil jurusan apa?

    BalasHapus
  7. Kak aku kehabisan buku wangsit :'( taunya ada buku itu baru kemarin :'( buku wangsit soshumnya kakak dijual nggak? Makasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ya Agnes sayangnya buku saya udah nggak ada. Soalnya waktu pas rumah saya direnovasi buku-bukunya diberesin sama ibu saya dan ntah kemana :(

      Kalau ada sih rencananya mau buat Give Away :p
      Belajar pake buku apa aja bisa kok asal ada niat dan tekad XD
      Selamat berjuang !

      Hapus
  8. Wah ternyata bisa ya sbm diterima diplihan 3 hehe aku takut soalnya kak. Karna momok snmptn yang bgitu waw 😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok Aini :)
      Arini ikutan sbmpnt juga? Semoga diberikan hasil yang terbaik yaa ^^
      Sukses selalu

      Hapus
  9. Assalammualaikum ka kira2 kalo mau beli bukunya dimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam warahmatullah beli bukunya bisa di web-nya www.wangsiteducation.com
      Maaf ya telat banget balesnya
      Semoga membantu :)

      Hapus
  10. Halo Mbak Liiza,
    Salam kenal ya mba.. Keren euyy perjuangannya :') bener-bener menginspirasi.. Thank's juga info tentang buku wangsit nya mbak.. Pejuang PTN 2017 nih, Insya Allah. Sukses selalu mbak ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga dek Dzikrina ^^
      Menginspirasi? Hehe. Rasanya perjuangan saya masih tidak ada apa-apanya. Waaah semangat ya.Stay positive, berusaha yg terbaik, berpikir yg terbaik, berdoa yg terbaik Insya Allah diberikan hadiah yg terbaik ^_^
      Sukses juga buat Dzikrina
      Ingat
      "Usaha tidak akan mengkhianati hasil kok"

      Hapus
  11. hii kak,,
    salam kenal , kak menurut kakak untuk buku yang platinum sama paket gold itu sama gak ya pembahasan soal dan materi nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga Intan ^^
      Waktu zaman saya belum ada paket-paketan hehe. Kayaknya sih sama aja. Materi disusun per bab. Mungkin paket gold itu buat yg nggak suka ribet bawa banyak buku. Semoga membantu yaa ^^

      Hapus
  12. hii kak,,
    salam kenal , kak menurut kakak untuk buku yang platinum sama paket gold itu sama gak ya pembahasan soal dan materi nya?

    BalasHapus
  13. hai kak, boleh dong kak minta tipsnya ttng cara belajar buat sbmptn soalnya kita sama" anak smk._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Media Anugerah ^^
      Sebenarnya nggak ada tips khusus kok. Asalkan yakin, konsisten dan komitmen Insya Allah bisa. Untuk anak SMK mungkin harus berusaha lebih keras lagi soalnya porsi materi pelajaran anak SMK lebih sedikit dibandingkan SMA. Mungkin itu. Semoga membantu hehe. Selamat berjuang!

      Hapus
  14. Hi kak, salam kenal
    Sebelumnya aku ini dari aceh, aku kepingin banget masuk upi, kak gimana sih kehidupan perkuliahan di upi? Rencananya aku mau masuk pendidikan Geografi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Intan ^^
      Salam kenal juga yaa. Hmm gimana ya? Campur aduk hehe. Insya Allah saya bikin postingannya hehe. Semoga sabar menunggu wkwkwk. Maaf ya agak jarang update :(

      Hapus
    2. Siaaap hehe. Btw kebetulan saya punya temen yang jurusan Pendidikan Geografi lho. Kalau mau tanya-tanya silahkan nanti saya kasih kontaknya hehe ^^

      Hapus
  15. Hay ka, aku anak smkf juga nih, pengen banget masuk ff unpad ka. Mau beli bukunya om jero juga. Doain ya ka supaya lulus sbm ataupun mandiri☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai juga Yetty! Wah anak SMKF mana nih? Semangat belajarnya yaa ^^
      Aamiin :)
      Good luck!

      Hapus
  16. Hai kak, mau tanya dong isi buku wangsit soal pembahasan aja atau ada ringkasan juga? Trus soal sama pembahasannya dipisah atau soal pembahasan soal pembahasan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Raihana! Makasih ya udah berkunjung ke blog ini hehe. Isi buku wangsit itu terdiri dari soal pembahasan dan ringkasan materi juga. Hmm seingat saya sih soal dulu trus di akhir bab ada pembahasan. Semangat yaaa ^_^

      Hapus
  17. kak masih ada buku wangsitnya gaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Karina maaf ya balasnya telat banget. Baru beres KKN soalnya hehe. Maaf ya bukunya udah dikasih ke orang lain :(

      Hapus
  18. Kak bukunya worth it bgt buat dipelajarin ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mutiah maaf ya telat banget balasnya. Worth atau nggak sih sebenernya bergantung ke masing-masing individu ya. Tapi kalau menurut saya sih worth. Sebenernya buku cuma alat bantu aja kok yang paling penting itu semangat dan mental kita. Belajar kan nggak harus dari buku, dari internet pun bisa kok selama kita disiplin dan pantang menyerah :)
      Sukses ya buat Mutiah X)

      Hapus
  19. Hay kak, waktu itu kaka pake wangsit platinum atau gold? Ngaruh ga sih pake itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu itu buku wangsit belum dikelompokkan seperti sekarang Dwi. Buku wangsit waktu itu dibagi per mata pelajaran. Kalau sekarang sepertinya termasuk paket gold (kalau nggak salah) biar lebih yakin silahkan menghubungi agen dan reseller buku wangsit yaa :)
      Sukses buat Dwi

      Hapus
  20. kak, mau nanya web resminya wangsit apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini websitenya http://www.wangsiteducation.com/

      Hapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. hi kk, mau nanya, kalau sudah membayar dan mengkonfirmasi pembayaran, apa barang akan dikirim secepatnya? saya menghubungi oom jero tapi ga di balas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah melakukan konfirmasi pembayaran mestinya order langsung diproses. Silahkan ditunggu saja mungkin om Jero sedang kewalahan mengurusi orderan hehe. Sabar yaaa :)

      Hapus
  23. Waw.. kisah kakak menginspirasi saya yg gap year, kak.. kalau mau tanya owner" wangsit itu berbeda-beda apa hanya ada satu? Aku pesan lewat line di wangsit edu kak.. mohon jawabannya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Fandi ^^
      Bagi pejuang gap year nggak usah minder yaa. Selamat berjuang :)
      Owner Wangsit itu setau saya cuma 1 yaitu Om Jero, tapi Om Jero punya agen dan reseller.
      Semoga membantu ya jawabannya !
      Maaf telat reply komen-nya :)

      Hapus
  24. Waw.. kisah kakak menginspirasi saya yg gap year, kak.. kalau mau tanya owner" wangsit itu berbeda-beda apa hanya ada satu? Aku pesan lewat line di wangsit edu kak.. mohon jawabannya kak

    BalasHapus
  25. Assalamualaikum kak.
    Mau tanya dong kak. Menurut kakak nyesel ga sih beli buku wangsit? Saya pengen beli, tapi takut nyesel kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam warahmatullah Putri ^^
      Kalau saya sih sama sekali nggak nyesel udah beli buku Wangsit. Bagi saya nggak ada ruginya kok investasi untuk membeli buku yang nantinya akan sangat berguna untuk masa depan kita. Uang yang kita keluarkan akan kembali berkali-kali lipat. So jangan ngerasa rugi untuk ngeluarin uang demi ilmu yaa Putri :)

      Semua pilihan ada di tangan Putri. Nggak harus beli kok sebenarnya. Pinjem juga bisa. Itupun kalau ada yang minjemin hehehe

      Kenapa harus takut nyesel?

      Hapus
  26. Assalamualaikum... Salam kenal kak😃. Saya juga smk nih kak, niatnya mau masuk PTN...buku wangsit ini ada materinya gak kak? Trus selain buku wangsit, buku apa yg bagus dan recomended? Soalnya saya bingung mau belajar darimana dan buku apa😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam warahmatullah salam kenal juga

      Maaf banget ya baru balas 2 tahun kemudian. Ada materi singkatnya kok. Semua buku bagus kok pada dasarnya tinggal disesuaikan dengan kebutuhanmu aja :)

      Hapus
  27. Ka sya skrng kls 12 kmrin saya bli bku wangsit yang di gramedia. Itu sama apa beda ya kak ??

    BalasHapus
  28. Ka sya skrng kls 12 kmrin saya bli bku wangsit yang di gramedia. Itu sama apa beda ya kak ??

    BalasHapus
  29. Kakak beli buku wangsit saintek yang apa? Kan ada versi untuk UI / UGM / yang biasa ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Versi biasa :)

      Semangat yaa Dea. Semoga berhasil !

      Hapus

Kasih komentar dong biar nggak terlalu sepi hehe