Ujian

by - April 28, 2024

 Bismillahirrahmanirrahim 

Barusan saya baru menuntaskan ujian tulis tahsin. Alhamdulillah 'ala kulli haal saya salah 3 wkwk. Harusnya sih salah 1 tapi berhubung dua jawaban itu saya ragu-ragu jadi saya mengganti jawaban awal yang semula benar jadi salah heuheu. Kalau 1 soal lagi sih pure memang saya kurang teliti. 

Besok tinggal ujian prakteknya nih. Semoga bisa lebih baik huhu. Memang ya ujian itu bukan hanya perkara persiapan fisik dan mental tapi juga persiapan iman. Sepaham apapun kita sama materinya tetep aja nggak boleh sombong dan jumawa merasa paling bisa. Apalagi yang memang tidak sepenuhnya menguasai wkwk. 

Jujur, saya agak kurang puas sih sama hasilnya. Tapi ya udahlah ya terlalu perfeksionis malah bikin kita stres, merutuk takdir dan berujung depresi. Been there done that haha 😂 

Semakin tua dan bertambahnya umur, rasanya saya lebih mampu berdamai dengan ketidaksempurnaan, kegagalan, kekecewaan atau apapun bentuk takdir yang kurang disukai. And that makes me feel way much better. More zen, more calm and sanity wkwk. Ya mungkin memang begitulah cara terbaik menyikapi takdir yang datang pada kita. Apapun takdirnya kita terima, kita berdamai dan menari di atas irama takdir itu.

Saya jadi paham kenapa orang yang lebih senior atau sepuh itu biasanya punya watak atau karakter yang lebih bijaksana, sabar, perhitungannya matang, tenang dalam mengambil keputusan dan nggak grusa-grusu. 

Mereka bisa begitu selain karena tempaan ujian yang hadir mungkin juga karena sudah lewat fase menggebu-gebu, berapi-api, ambisius, ingin menang atau mengalahkan seseorang. Sudah lewat masanya mencari validasi, ingin membuktikan diri dan mengalahkan orang lain. 

Kendati orang tua identik dengan kebijaksanaan dan pribadi yang matang. Faktanya tidak semua orang tua itu bijaksana dan punya kedewasaan yang sama. Seandainya Allah memberikan saya umur panjang semoga kelak ketika saya menua, saya tidak menjadi orang tua yang menyebalkan dan menyusahkan anak cucu. Sebaliknya, saya harap ketika tua nanti saya masih bisa membersamai dan memberikan bekal yang berharga untuk mereka mengarungi kehidupan. Aamiin. 



You May Also Like

0 komentar

Kasih komentar dong biar nggak terlalu sepi hehe