Meaningful Life

Bismillaahirrahmaanirrahiim
Pernah nggak sih temen-temen bertanya-tanya tentang hidup? Untuk apa sih kita hidup? Sebenernya apa sih tujuan Allah menciptakan kita? Sadar atau nggak Allah menciptakan kita dengan sebuah tujuan. Apakah itu? 
وَمَاخَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْس‌َ اِلاَّ لِيَعْبُدُوْنَ 
"Dan tidaklah aku ciptakan jin dan manusia melainkan hanya untuk menyembahku" (51:56) 
Allah menciptakan kita dengan satu tujuan yaitu agar kita menyembah-Nya. Jadi tujuan manusia diciptakan adalah HANYA untuk beribadah kepada-Nya. Tujuan penciptaan inilah yang menjadi tugas hidup manusia. Karena manusia diciptakan hanya untuk beribadah berarti seluruh hidupnya harus didekasikan dalam rangka ketaatan kepada Allah. Kewajiban untuk taat terhadap perintah Allah ini bersifat mengikat kepada seluruh manusia tanpa terkecuali. Di belahan dunia manapun manusia memiliki kewajiban yang sama yaitu beribadah kepada Allah. Jika tugas kita hanya satu maka tentu tugas ini harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Sebab jika tidak ditunaikan sebaik-baiknya lantas apa yang tersisa dari diri ini untuk dipersembahkan di hadapan-Nya kelak? 

Menurut Ibnu Katsir ibadah itu harus memenuhi 3 syarat yaitu:  
1. Niatnya harus dilandasi karena Allah (bertauhid) 
2. Prosesnya sesuai syariat (Al-Qur'an dan sunnah) 
3. Tujuannya untuk meraih ridha Allah 

Ketiga syarat tersebut harus terpenuhi agar ibadah kita dapat diterima oleh Allah. Bagaimana dengan diri kita? Sudahkah ibadah kita memenuhi ketiga syarat tersebut? Hidup itu cuma sekali, sekali di dunia dan sekali di akhirat. Hidup kita di dunia lah yang akan menentukan akhir dari kehidupan abadi di akhirat kelak. Hiduplah bukan hanya untuk diri kita tapi hiduplah untuk yang Maha Menghidupkan!
Hidup itu cuma sekali maka hiduplah yang berarti !

Komentar

Pos populer dari blog ini

Jurnal Resep yang Sering Keluar di UPK

Resep yang sering keluar di UPK