1 Tahun Berlayar di Lautan Bahasa Arab


Bismillaahirrahmaanirrahiim

Udah hampir setahun kuliah di Departemen Pendidikan Bahasa Arab. Niatnya sih mau posting tiap hari eh tapi belum kesampaian hehe. Maaf ya. Ya udah kali ini saya mau review tentang pengalaman selama kuliah Pendidikan Bahasa Arab selama 2 semester. Check this out ^^
Semester I
Berbeda dengan sekolah Perguruan Tinggi menerapkan Sistem Kredit Semester (SKS). Untuk lulus mahasiswa setingkat S1 biasanya harus menyelesaikan beban studi sebanyak  144 SKS. Besaran SKS ini bervariatif nggak semuanya sama. Kalau di jurusan Pendidikan Bahasa Arab sendiri beban studi untuk meraih gelar S1 itu ada 148 SKS. Sedikit lebih banyak dibandingkan beberapa jurusan lain.
Mengacu pada Kurikulum 2013 mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab memiliki beban studi sebagai berikut:

1. Mata Kuliah Umum (MKU)                                                                     14 SKS
2. Mata Kuliah Dasar Profesi (MKDP)                                                       13 SKS
3. Mata Kuliah Keahlian Profesi (MKKP)                                                  11 SKS
4. Mata Kuliah Program Pengalaman Lapangan (MKPPL)                     4 SKS
5. Mata Kuliah Keahlian Fakultas (MKKF)                                                 6 SKS
6. Mata Kuliah Jurusan                                                                                68 SKS
7. Mata Kuliah Pilihan (MKP)                                                                      2 paket @16 SKS

Nah karena mahasiswa tingkat I masih dipaket jadi untuk semester I saya mengontrak 22 SKS.

1. Arabiyyah Asasiyyah                                    2 SKS    
2. Mahfuzhat                                                     2 SKS
3. Qawaid Imla wa Khat                                  2 SKS
4. Lughah Injiliziyah                                         2 SKS
5. Istima                                                             2 SKS
6. Qiraah I *                                                       2 SKS
7. Ulum Al Quran                                              2 SKS
8. Landasan Pendidikan                                   2 SKS
9. Psikologi Pendidikan                                    2 SKS
10. Pendidikan Agama Islam                           2 SKS
11. Pendidikan Bahasa Indonesia                   2 SKS

Di awal-awal perkuliahan dosen bakal ngasih silabus dan buku acuan jadi tenang aja nggak usah bingung. Emang sih dosen ngasi buku yang jadi acuan tapi biasanya kita tetep butuh berbagai referensi lain. Jangan kaget yah kalau dosen di kelas neranginnya kurang jelas atau nggak detail. Dosen di kelas itu biasanya cuma ngasih pengantar atau "muqaddimah" aja selebihnya ya kita mahasiswa yang cari tahu hehe. Yah namanya juga mahasiswa, udah bukan waktunya disuapin materi lagi sama dosen. Mahasiswa udah dianggap cukup dewasa jadi mahasiswa memang dituntut untuk mandiri. Nggak selalu bergantung sama dosen. Dosen disini lebih bersifat sebagai partner diskusi atau sharing ilmu.
Perlu diketahui bahasa itu kan sebuah skill/keterampilan. Untuk menguasai keterampilan berbahasa ada 4 kompetensi yang harus dipenuhi yaitu:
1. Menyimak (Istima)
2. Berbicara (Takallum)
3. Membaca (Qiraah)
4. Menulis (Kitaabah)


Untuk semester I dosen fokus pada pembentukan skill menyimak dan membaca. Overall kuliah di semester I ini cukup menyenangkan dan belum terlalu banyak beban meskipun tugasnya udah numpuk bejibun :)
Mata kuliah favorit saya di semester I ini adalah Qiraah soalnya dosennya rame meskipun di awal-awal kamu bakal "disiksa" dengan "tugas yang nggak manusiawi". Beliau hobi banget ngasih tugas dan orangnya disiplin banget. Masuk kuliah jam 7 kadang jam 06.30 beliau udah stay di kelas! Jujur awalnya juga saya nggak suka sama beliau tapi seiring berjalannya waktu saya justru berbalik menyukai beliau. Memang terkadang kita butuh waktu untuk bisa mengenal dan menggali sisi lain dari seseorang. Dibalik kedisiplinan dan ketegasannya beliau memiliki sifat yang bijaksana dan suka ngasih nasihat-nasihat gitu. Nggak bakal kekurangan kata-kata mutiara deh kalau kuliah sama dosen yang satu ini. Pasti tiap kuliah kamu bakal disuguhi "Quotes of the Day". Siapakah beliau? Tunggu di postingan selanjutnya ya hehe.

 Selain Qiraah saya sangat menikmati kuliah Psikologi Pendidikan. Pasalnya saya emang tertarik sama hal-hal yang berbau psikologi. Saya suka mengamati tingkah laku manusia hehe. Manusia itu unik ! Meskipun kuliahnya sama Asisten Dosen tapi tidak mengurangi keseruan rangkaian pembelajaran. Asisten dosennya juga rame dan gokil abis :D
Pendidikan Agama Islam jadi mata kuliah kesukaan saya yang selanjutnya. Dosennya udah agak "berumur" (baca:sepuh) tapi asisten dosennya masih muda banget (dan ganteng lagi). Wawasan keislaman beliau cukup mumpuni lah di bidangnya meskipun sebenarnya beliau ini agak sedikit konservatif. Hmmm apa emang kalau orang tua itu cenderung bersikap konservatif ya? Wallahu a'lam

Lagi-lagi nih ya yang mencuri perhatian saya itu asisten dosennya. Bukan karena gantengnya ya. Tapi mungkin karena masih muda jadi pembawaannya santai, energik dan terbuka. Cara ngajarnya juga enak, seru. Wawasannya juga luas. Beliau ini selalu mengajak mahasiswa untuk berpikir dan selalu terbuka serta kritis terhadap persoalan yang muncul di tengah-tengah masyarakat.
Terakhir saya suka mata kuliah Bahasa Indonesia! Dosennya juga gokil nih. Seru abis hehe. Kocak pembawaannya. Padahal menurut penuturannya beliau ini aslinya gagap. Tapi ketika kuliah beliau ini sama sekali nggak kelihatan kalau memiliki kekurangan lho malahan bicaranya lancar dan terstruktur. Daaan humoris juga tentunya.

Semester II
Tips n trik
*Kalau mau kontrak mata kuliah harus sesegera mungkin daaaan harus super duper teliti. Soalnya masalah ngontrak-mengontrak ini menentukan hidup dan mati kamu di dunia akademik #tsaah lebay. Salah ngontrak bisa fatal akibatnya.


Semester II totalnya ada 20 SKS yang harus dikontrak
1. Shorof I
2. Nahwu I
3. Kombiuter Araby
4. Qiraah 2
5. Muhadatsah I
6. Ulumul Hadits
7. Hadarah Islamiyah
8. Tsaqafah Arabiyah
9. PKN
10. BK

Kalau di semester II ini mata kuliah Hadarah Islamiyah menempati peringkat pertama dalam jajaran mata kuliah favorit saya! Alasannya mata kuliah ini sangat erat kaitannya dengan sejarah. Maklum saya suka banget sama yang namanya sejarah. Mata kuliah ini membahas tentang peradaban Islam beserta peninggalan-peninggalannya. Setiap mata kuliah ini berlangsung saya selalu merinding. Betapa Islam memiliki peradaban yang agung dan hebat namun sayangnya faktanya sejarah mengenai kehebatan dan kejayaan Islam seringkali dipelintir dan bahkan ditutup-tutupi.  Andai saja setiap muslim mengetahui betapa luhurnya budaya dan peradaban Islam yang telah diukir oleh kaum muslim di masa lampau saya yakin niscaya mereka tidak akan menjadi generasi pembebek yang hobi mengekor dan mengimpor budaya dan peradaban asing yang sama sekali bertolak belakang dengan nilai-nilai ketimuran bahkan lebih jauh lagi mengubur dalam-dalam fitrah mereka.
Bagiku kelas Hadarah Islamiyah selalu menyisakan tanya. Apa yang sudah saya sumbangkan untuk Islam, untuk dunia? Apa sumbangsih terbesar generasi ini untuk Islam? Amal shalihkah? Maksiatkah? Kemajuankah? Kemundurankah? Kebangkitankah? Kehancurankah?

Komentar

  1. Wah sangat bermanfaat sekali terutama bagi saya maba hehe...ada kelanjutan postingan ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah selamat ya Eza ^^
      Maba di kampus mana? Ditunggu aja ya maaf updatenya jarang-jarang hehe

      Hapus
  2. Mau tanya Mba, kalau mengambil jurusan pendidikan bahasa arab tidak harus dari pondok kan? Dari SMA bisa juga atau tidak? Ngomong2 mba dari SMA atau pondok atau MTS? TERIMA kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Hasna ^^. Maaf telat banget bales komennya. Betul banget. Nggak harus dari pondok kok kalau mau kuliah di Pendidikan Bahasa Arab. Banyak temen saya dari SMA Umum yang belum pernah belajar Bahasa Arab sama sekali. Saya lulusan SMK haha tapi dulu pernah mondok pas MTs. Semoga membantu yaa. Terima kasih sudah berkunjung di blog saya :)

      Hapus
  3. Mau tanya Mba, kalau mengambil jurusan pendidikan bahasa arab tidak harus dari pondok kan? Dari SMA bisa juga atau tidak? Ngomong2 mba dari SMA atau pondok atau MTS? TERIMA kasih

    BalasHapus
  4. Mau tanya Mba, kalau mengambil jurusan pendidikan bahasa arab tidak harus dari pondok kan? Dari SMA bisa juga atau tidak? Ngomong2 mba dari SMA atau pondok atau MTS? TERIMA kasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Kasih komentar dong biar nggak terlalu sepi hehe

Postingan populer dari blog ini

Jurnal Resep yang Sering Keluar di UPK

Sepucuk Surat Cinta Untuk Sang Guru