Diary of Ramadhan #1 Deg-degan Menyambut Ramadhan


Bismillaahirrahmaanirrahiim

Tiap menjelang Ramadhan entah kenapa biasanya saya suka ngerasa deg-degan. Nggak tau apa sebabnya. Excited iya tapi deg-degan juga iya hehe. Mungkin karena bulan Ramadhan ini termasuk ke dalam salah satu bulan yang penting dan memorable bagi umat Islam. Biasanya justru ketika Ramadhan kegiatan saya lebih banyak dibandingkan bulan-bulan lainnya #soksibuk hoho.

Di awal-awal Ramadhan biasanya kita masih semangat EMPAT LIMA. Masih larut dalam euforia Ramadhan gitu. Giliran udah masuk pekan kedua dan seterusnya mulailah semangat berburu lailatul qadar kian menurun. Kalau nggak percaya silahkan aja cek jumlah shaf barisan shalat tarawih. Biasanya sih udah berkurang drastis. Biasanya lho ya tapi semoga saja pendapat saya salah. Dan semakin bertambah hari biasanya jamaah shalat tarawih kian berguguran. Eh tapi semoga saja berkurangnya jamaah tarawih ini karena saudara-saudara kita sudah mudik ke kampung halaman J
Alhamdulillah-nya sebelum Ramadhan saya ikut kajian Tarhib Ramadhan nih. AJAIB setelah ikut Tarhib Ramadhan semangat saya jadi melesat naik ibarat tangki motor yang baru diisi bensin FULL TENG haha.Ternyata sebelum Ramadhan Rasulullah punya kebiasaan mengumpulkan sahabat-sahabatnya untuk memberikan khutbah Ramadhan. Khutbahnya agak panjang sih tapi baca deh isinya sungguh bermakna.

Dalam khutbahnya Rasulullah menekankan bahwa “Detik demi detiknya (Ramadhan) itu sangat berharga”. Setelah mendengar hal itu saya jadi on fire nih hoho. Wah kalau mau berburu lailatul qadar mah kudu punya bekal euy batin saya. Nggak bisa asal-asalan dan tanpa persiapan. Menurut catatan sejarah, Ramadhan menempati posisi yang begitu krusial dan penting dalam perjuangan umat Islam. Banyak prestasi-prestasi gemilang yang ditorehkan di bulan yang mulia ini. Ada yang tau nggak apa aja? Hayooo sebutin satu-satu!

Sebenarnya banyak sih peristiwa yang terjadi di bulan Ramadhan tapi saya sebutin beberapa aja ya nanti tambah panjang postingannya hoho :p
1.       Peristiwa pertama adalah Nuzulul Quran (17 Ramadhan) yang saya kira sering diperingati oleh umat Islam. Nuzulul Quran menjadi penanda TITIK AWAL KEBANGKITAN ISLAM
2.       Peristiwa selanjutnya adalah Ghazwatul Badr al-Kubra (Perang Besar Badar) yang terjadi pada tahun 2H. Perang Badar menjadi penanda fase PERJUANGAN UMAT ISLAM
3.      Fathu Makkah (Penaklukkan Makkah) pada 10 Ramadhan tahun 8H. Perjuangan Islam yang dipimpin oleh Rasulullah Muhammad ini akhirnya membuahkan hasil yang gemilang berupa KEMENANGAN ISLAM.

Bahkan Penaklukkan Andalusia juga terjadi di bulan suci Ramadhan. TERBUKTI momen-momen gemilang dan kejayaan umat Islam terjadi ketika bulan RAMADHAN. Udah nggak jaman ah bulan Ramadhan masih malas-malasan di rumah. Yuk kita isi Ramadhan dengan kegiatan produktif dan amal shalih biar makin banyak tabungan di akhirat kelak.
Biar makin semangat saya mau bocorin rahasia nih

KABARNYA orang yang berhasil mendapatkan LAILATUL QADAR beres Ramadhan bakal jadi KONGLOMERAT!
Nggak percaya? Buktiin deh hehehe :P



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jurnal Resep yang Sering Keluar di UPK

Sepucuk Surat Cinta Untuk Sang Guru