#JurnalRamadhan3 Meluruhkan Ego

by - Mei 08, 2019

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Kalau ditanya apa sih yang paling berat saat puasa di bulan Ramadhan? Kebanyakan orang jawab nahan emosi. Betul apa betul? hehe.

Jujur kalau ditodong dengan pertanyaan yang sama ya begitu juga jawaban saya hehe. Kalau soal nahan makan sama minum mah ya sedikit banyak sudah terlatih lah maklumlah saya kan anak rumahan rasa anak kost wkwk. Lagian saya juga bukan tipikal orang yang doyan makan. Saya tuh nggak gitu suka jajan anaknya, jadi kalau lihat makanan mah jarang lapar mata. Beda cerita kalau lagi lihat buku, bawaannya mah suka kalap aja gitu pengen ngarungin hahaha.

Memasuki Ramadhan hari ketiga ini ada hal yang membuat kesabaran saya diuji. Jadi, kemarin itu saya rencananya mau janjian sama 2 orang temen, berhubung salah seorang temen saya ini nggak bisa datang jadi rencana ketemuan hari itu batal.

Malamnya, teman saya si A ini chat saya via WA dengan nada yang cukup judgemental. Jujur, pas baca hati saya terasa ditusuk-tusuk gitu *lebay. Nyelekit banget gitu rasanya. Entah saya yang terlalu sensitif atau memang pesannya bernada sinis intinya saya merasa terluka #halah.

Akhirnya kita mngejadwalin ulang untuk ketemuan besoknya. Saya pikir ketemuannya ya di Pusdai atau dimana gitu. Misal daerah seputar Dago-Surapati. Ndilalah, temen saya yang nge-chat dengan nada judgemental itu maunya ketemuan di Padalarang dong !

*doeng*

Huft....

Padalarang? Sumpe lo? Batin saya menggerutu. Panik, kesel, marah bercampuk aduk jadi satu. Ya bukannya apa-apa sih sebenernya yang butuh ketemu kan dia tapi kenapa saya dan B yang jadi harus nurutin maunya dia. Tapi gapapalah for the sake of persabahatan #tsaah kami rela mengalah. Jujur, saya tuh paling nggak suka sama hal-hal yang sifatnya dadakan misal kejutan, janjian dadakan atau apapun yang serba mendadak.

Semua hal yang mendadak itu bikin otak saya panik dan overthinking. Maklum saya tuh orangnya kalau mau ngapa-ngapain kudu well-prepared banget. Jadi hal-hal yang tidak terencana itu cukup bikin stress dan panik haha.

Singkat cerita kita janjian di Stasiun Hall Bandung jam 10. Kita berencana berangkat ke Padalarang naik kereta dari Stasiun Bandung jam 10. Tapi ditungguin sampe jam 10 lewat si A masih belum dateng. Disitu lagi-lagi kesabaran kami diuji haha.

Sekitar pukul 10.30-an A baru tiba di Stasiun padahal kereta jurusan Bandung-Padalarang berangkat pukul 10.15. Jadi kita harus nunggu jadwal kereta selanjutnya. Untungnya jadwal kereta selanjutnya nggak berselang lama.

Btw tiket Bandung-Padalarang murah juga lho cuma 5ribu. PP jadinya cuma 10 ribu. Kami tiba di Stasiun Padalarang sekitar pukul jam 11 lebih. Setibanya di sana kami langsung disambut hujan deres. Dereeeeeess banget. Hujannya nggak cuma air tapi disertai angin yang kenceeeeeeeennnggg banget.

Setengah jam kemudian hujan mulai agak reda dan kita memutuskan untuk order Grabcar. 15 menit perjalanan akhirnya kita tiba di Masjid Al-Irsyad Satya Padalarang. Itu loh masjid yang terkenal dengan corak "Laa ilaaha illallah Muhammadur Rasulullah".

Credit :ganaislamika.com
Qadarullah pas kita sampe sana pas banget adzan dzuhur ya udah sekalian kita shalat di sana. Masjidnya tuh cukup luas, tanpa tiang, dan banyak ornamen bebatuan gitu. Uniknya lagi di sana itu ada 99 lampu yang bercorak asmaul husna, keren banget deh. Berhubung masih siang jadi lampunya nggak dinyalain hehe.

Pas kita numpang shalat, di sana tuh udah rame banget sama anak-anak SDIT Al-Irsyad Satya. 97% makmum shalatnya tuh anak SD. Sekilas saya perhatiin sebelum iqamah mereka shalat qabliyah dzuhur dulu. Usai shalat disambung dengan dzikir dan shalat ba'diyah. Waah keren banget anak-anak ini batin saya. Sejak kecil udah dibiasakan dengan ibadah sunnah. Saya aja yang udah dewasa kadang masih suka males shalat rawatib #plak. Nggak hanya itu pas di depan pintu masuk berjajar rapi sendal milik anak-anak SD. Masya Allah salut banget saya sama anak-anak ini. Rapi banget jadi enak dipandang. Sama sekali nggak ada sendal yang berceceran atau keluar dari barisan. Saya jadi berpikir hebat sekali gurunya bisa mendidik mereka untuk disiplin bahkan untuk hal terlihat sepele.

Ah andai saja umat Islam konsisten menerapkan prinsip-prinsip Islam. Mungkin banyak yang jatuh cinta dengan keindahan Islam. Nilai-nilai kedisiplinan, keindahan, ketertiban dan kerapihan bukankah Islam mengajarkan semua itu? Yuk ah kita berbenah malu dong sama anak kecil muehehe.





You May Also Like

0 komentar

Kasih komentar dong biar nggak terlalu sepi hehe