Memulai

by - Januari 01, 2024

Bismillahirrahmanirrahim 
Beginning is always the hardest. Memulai itu selalu menjadi bagian yang paling menantang. Entah memulai apapun itu. Memulai untuk belajar masak, melakukan habit baru, memulai hubungan baru dll.

Kali ini saya mencoba untuk memulai habit baru yaitu konsisten menulis setiap hari. Bismillah semoga istiqomah yaa. 

Mulai belajar nulis mungkin terdengar sederhana. Tapi konsisten menulis setiap hari tentu lain hal. Butuh 'stamina', disiplin dan juga napas yang panjang. 

Kadang manusia itu terkesan butuh momentum untuk berubah. Misalnya karena pergantian tahun. Padahal perubahan itu ada pada pergantian detik bukan pergantian tahun. Begitu kata-kata ustadz yang pernah saya dengar sekilas.

Bagi seorang muslim kita dituntut untuk lebih baik dari detik ke detik. Kalau perubahan tiap detik ke detik dirasa terlalu 'challenging' dan 'heroik' minimal kita menjadi pribadi yang lebih baik dari hari kemarin. Sama dengan kemarin saja merugi, apalagi lebih buruk daripada kemarin. Itulah pesan Nabi. 

Guru saya pernah berpesan "Selalu libatkan Allah dalam rencana kita". Jangan mengandalkan diri kita. Jangan lupa untuk minta pertolongan Allah. Kita itu nggak bisa apa-apa tanpa pertolongan Allah. Kalau bukan Allah yang izinkan dan mudahkan tentu rencana kita sudah hancur berantakan. 

Kalau kita terbiasa mengandalkan diri jika gagal akan terlampau kecewa, sebaliknya jika berhasil cenderung lupa bahwa semuanya itu ada peran Allah. Iya, ada peran Allah yang hadir dalam setiap detik perjalanan kita.

Selain belajar konsisten menulis saya juga belajar untuk mengelola sifat perfeksionis saya hehe. Seringkali perfeksionis menjadi ganjalan ketika saya mencoba hal baru. Akibatnya, jadi takut memulai, takut salah, overthinking, sering berhenti di tengah jalan dsb.

Padahal namanya juga baru memulai. Ya gapapa salah. Tinggal selanjutnya diperbaiki. Kadang kita terlalu terlalu keras dengan diri kita. Tega dan keras sekali mengkritik diri kita. Banyak-banyaklah kasih udzur pada diri kita. Toh kita manusia, tempatnya salah dan lupa. Gapapa salah asal kita mau berubah dan terus berusaha.

Kata ulama "Man tsabata nabata" "Barangsiapa yang teguh/konsisten dia akan tumbuh". Yuk konsisten, semoga di akhir tahun nanti kita bertumbuh. Bertumbuh skill baru dan menjadi pribadi yang baru. 

You May Also Like

0 komentar

Kasih komentar dong biar nggak terlalu sepi hehe