Trial Month

by - Februari 01, 2024

 Bismillahirrahmanirrahim

Finally it's new month !

Nggak tau kenapa Januari kemarin tuh berasa lamaaa banget. Jujur Januari kemarin saya cuma posting sekali dalam sebulan huhu. Malu deh rasanya. Semoga bulan ini bisa lebih konsisten. Aamiin.

Ada yang bilang bulan Januari itu semacam trial month. Biasanya kan orang pada semangat bikin goals dan semangat buat berubah. Tapi yang namanya berbuat baik itu pasti diuji. Entah males, entah nggak mood dan berbagai halangan lainnya. 

Kalau Januari kita cuma semangat di awal-awal ya gapapa. Namanya juga "trial month". Belum terlambat kok untuk memperbaikinya di bulan Februari.

Bahkan seandainya kita sama sekali belum merancang goals atau resolusi selama bulan Januari dan baru mau menulis dan memulainya di Februari. It's okay gapapa banget. 

Kadang manusia itu pengen sempurna. Tapi terlalu perfeksionis justru seringkali menghalangi seseorang untuk berkembang. Kalau kata Austin Kleon penulis buku Steal Like An Artist 

"To get good at something, you first have to be willing to be bad. So don’t practice to get good, practice to suck less!"

Untuk bisa jago atau ahli di suatu bidang kita harus "rela" untuk jadi "jelek" atau melakukan kesalahan. Jadi jangan praktek atau berlatih untuk jadi bagus/baik tapi berlatihlah untuk sedikit lebih mendingan. 

Misal hari pertama latihan masak hasilnya gosong atau nggak bisa dimakan. Jangan patah arang dulu lalu memvonis nggak bakat masak. Tapi teruslah berlatih misal di hari kedua oke udah nggak gosong tapi agak sedikit keasinan. Alhamdulillah disyukuri aja dulu. Lumayan kan ada kemajuan. Awalnya gosong sama sekali nggak bisa dimakan. Pas latihan selanjutnya udah lumayan bisa dimakan meskipun keasinan. Kalau kata bule mah "Embrace your mistakes" ceunah wkwk. Kalau kita mau mengubah sudut pandang kita. Selalu ada hal yang bisa disyukuri kok hehe.

Btw, rencananya saya mau ikut 29 Days Challenge Suck Less-nya Austin Kleon. Jadi di website-nya beliau ini bikin beberapa challenge. Ada yang 30 Days Challenge, 32 Days Challenge dan ada yang 29 Days Challenge. 

Berhubung Februari 2024 ini tahun kabisat jadi jumlahnya 29 hari. It's good month to start practice soalnya jumlah harinya lebih dikit dibanding bulan lain. 

Masih kata Pakde Austin Kleon bulan Februari tuh bagus banget kalau mau mulai membentuk habit atau practice soalnya hari-harinya lebih sedikit dibandingkan bulan lain. Jadi less intimidating kitu panginten wkwk. Udah ah meracaunya saya udah mulai ngantuk wkwk.

You May Also Like

0 komentar

Kasih komentar dong biar nggak terlalu sepi hehe