Kembali ke Taman Syurga

by - Februari 04, 2024

Bismillahirrahmanirrahim
Hari ini saya ada agenda kajian akhwat di Cimahi. Semenjak hamil saya udah lama banget nggak kajian. Paling biasanya ikut kajian online aja. Jadi rindu rasanya. Emang yaa beda banget vibe-nya kajian online dan offline. Ada feel yang berbeda gitu.

Jujur ini pertama kali saya kajian di Cimahi. Di rumah seorang akhwat. Sempet agak nyasar juga sih muter-muter jalan padahal udah liat google maps. Entah saya yang nggak bisa baca maps atau paksu yang kurang denger pas saya ngarahin jalan sesuai maps atau mungkin dua-duanya wkwk.

Singkat cerita, Alhamdulillah 'ala kulli haal sampai juga di tujuan. Saya ngerasa excited banget dan antusias. Emang betul ya kata ulama kita itu nggak boleh jauh-jauh dari majelis ilmu. Kalau nggak salah maksimal 3 hari atau 7 hari gitu batas maksimal seseorang tidak hadir di majelis ilmu. Lebih dari 3 hari dikhawatirkan hati seseorang akan mengeras. Sebab jauh dari ulama, ilmu dan cahaya. 

Dekat dengan ilmu saja amalan kita masih pas-pasan dan patut dipertanyakan apalagi jauh ya? 

Kalau kata mentor ada 3 hal yang harus sungguh-sungguh dikejar. 1. Buku 2. Guru 3. Ilmu. Jika kita sungguh-sungguh mengejar 3 hal ini insya Allah hidup kita akan jauuuh lebih baik biidznillah.

Pokoknya jangan sampai kita jauh dari ilmu/majelis ilmu soalnya kalau udah futur tuh subhanallah untuk bangkit lagi butuh energi ekstra. Butuh kekuatan lebih. Di sinilah kita bener-bener butuh pertolongan Allah. Hal yang mudah pun jika tanpa pertolongan Allah akan terasa sulit. Apalagi hal yang membutuhkan perjuangan. Jika kita terbiasa mengandalkan diri ketika berhasil akan muncul ujub, sebaliknya ketika gagal kita akan hancur atau cenderung menyalahkan diri bahkan sampai depresi. Na'udzubillahi min dzalik.

Allah memuliakan ilmu dan orang yang menuntut ilmu. Banyak banget hadits yang menjelaskan keutamaan orang berilmu. Misalnya "Barangsiapa yang menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan jalannya menuju syurga". 

Di hadits lain juga dikatakan "Orang-orang yang menuntut ilmu itu akan didoakan malaikat, semut-semut bahkan sampai ikan-ikan di lautan pun ikut mendoakannya". Masya Allah yaa




You May Also Like

0 komentar

Kasih komentar dong biar nggak terlalu sepi hehe