Marhaban

by - Februari 05, 2024

 Marhaban Ya Ramadhan

Kalau kata Ulama bekal terbaik untuk menyambut Ramadhan adalah ilmu. Tentu persiapan fisik juga penting tapi bekal ilmu jauh lebih penting. Sebab tanpa ilmu yang cukup kita nggak akan maksimal dalam mengisi bulan Ramadhan. 

Selain ilmu bekal yang kedua adalah persiapan ruhiyah. Ramadhan ini adalah momen langka setahun sekali. Dulu para ulama dan orang-orang shalih fokus sekali di bulan Ramadhan. Mereka semua meninggalkan seluruh aktivitasnya untuk fokus beramal di bulan Ramadhan. Bahkan para ulama hadits berhenti dari kegiatannya membaca dan meneliti hadits untuk fokus membaca Al-Quran dan mengurangi kegiatan diskusi ilmu. Padahal yang dilakukan ulama tersebut itu kan ibadah bukan nonton drakor atau netflix. Tapi para ulama memusatkan seluruh energinya untuk lebih banyak berinteraksi dengan Al-Quran. Sebab Ramadhan juga bulannya Al-Quran. 

Bismillah di Ramadhan ini rencananya saya punya target untuk meningkatkan jumlah khatam quran dan hafalan. Nggak cuma sekedar khatam dan hafal tapi saya juga ingin bisa menikmati, mencintai dan berlama-lama dengan Al-Quran. Bukan sekedar terburu-buru mengejar khatam agar bisa segera selesai dan meninggalkan Al-Quran dan beralih kepada kesibukan duniawi lainnya.

You May Also Like

0 komentar

Kasih komentar dong biar nggak terlalu sepi hehe