Productive Day

by - Februari 06, 2024

 Bismillahirrahmanirrahim

Masya Allah hari ini kegiatan saya cukup padat hehe. Dimulai dari masak, nyimak materi kelas, baca buku dll.

Ngomong-ngomong tentang kelas, sejak awal tahun saya join beberapa kelas. Kebanyakan sih tentang ilustrasi, terutama ilustrasi buku anak. Tahun ini saya punya target ingin belajar gambar dan bisa membuat buku anak. Mudah-mudahan nanti bisa menulis sekaligus bisa mengilustrasikannya sendiri.

Jujur, dari kecil saya udah pengen banget nulis buku sendiri. Cuma masih belum tau sih mau nulis buku tentang apa. Setelah beranjak dewasa rasanya saya ingin mencoba debut sebagai penulis buku anak. 

Entah kenapa ada perasaan hangat dan bahagia ketika membaca buku anak. Ceritanya yang seringkali lucu dan menghibur, ilustrasi yang menarik penuh warna-warni. Rasanya saya ingin ikut melebur dalam semua keceriaan itu.

Siapa tahu kelak saya bisa menulis dan membacakan buku untuk anak saya sendiri hehe. Waah tidak terbayangkan betapa puas dan bahagianya. 

Meskipun baru awal materi ternyata kelasnya sangat menyenangkan. Kami dibimbing dari awal banget. Jadi untuk pemula tidak usah khawatir. Materi pertama kami diajak untuk "berkenalan" dengan tools yang dipakai untuk menggambar. 

Sebenarnya tools untuk menggambar itu ada banyak banget. Tapi kami dikenalkan beberapa saja. Peserta kelas jugs dibebaskan menggunakan tools yang disukai atau yang dirasa lebih mudah. Tidak melulu harus menggunakan tools yang sama seperti mentor.

Ketika awal perkenalan dengan mentor saya cukup kaget. Ternyata mentor yang mengisi kelas itu sehari-hari menggeluti pekerjaan sebagai dosen di kampus teknik lhoo. Sama sekali nggak ada latar belakang seninya. Keren yaa. Anak teknik aja bisa lho berkarya di bidang seni asal ada tekad dan ketekunan.

Malam sudah masuk ini materi kedua yaitu membuat karakter anak laki-laki. Sepintas dari video tutorial terlihat mudah. Tapi lain teori lain juga praktiknya haha. Bagi pemula atau yang belum terbiasa membuat karakter ini sangat menantang. 

Di awal saya bingung membuat karakter seperti apa ya? Saya belum punya bayangan tentang karakter anak laki-laki yang akan saya gambar. Karena belum terbiasa menggambar, kosa visual saya masih sangat terbatas. Saya belum bisa menggambar dari hanya "membayangkan" apa yang ada di otak. Berhubung masih pemula saya butuh banget referensi. Saya masih harus "melihat contoh" ketika menggambar. Tapi it's okay semuanya kan berproses yaa. Practice makes perfect. Okay mari berburu referensi dulu akhirnya terjun menggambar. Bismillah !


 



You May Also Like

0 komentar

Kasih komentar dong biar nggak terlalu sepi hehe