Serunya Belajar Ilustrasi & Animasi Bersama CreAct

by - April 04, 2024

 Bismilllaahirrahmaanirrahiim

Dua hari kemarin tanggal 3-4 April saya mengikuti kelas Ilustrasi & Animasi yang diadakan oleh CreAct Projects. Seru banget acaranya hehe. Acara ini sebenarnya gratis tapi sifatnya donasi. Jadi dengan berdonasi minimal 30 ribu kita bisa ikutan kelasnya. Setiap pertemuan durasinya sekitar 2 jam. Ada sesi pemaparan materi/teori, sesi live drawing/tutorial dan terakhir sesi tanya jawab. 

Menurut penyelenggara tahun ini tuh udah tahun ketiga berjalannya acara. Kelas ini juga hanya berlangsung 1 kali aja selama Ramadhan. Kebayang spesial banget kan acaranya. Udah mah cuma 1 kali dan diadakannya di bulan Ramadhan pula. Jujur saya tahu acara ini tuh dari twitter-nya Mas Irsya. Nggak pikir panjang langsung aja saya daftar & donasi. Ternyata setelahnya Mas Irsya ngadain giveaway tiket gitu dan alhamdulillah saya menang tiketnya. Jadi sebenernya saya bisa daftar tanpa donasi, yang donasinya mas Irsya. Tapi gapapa namanya juga bulan Ramadhan kan kudu banyak berbagi hehe.

Kelasnya berjalan dari puku; 15.00 - 17.00 agak mepet ashar sebenarnya. Jadi saya agak buru-buru juga pas ikut kelasnya soalnya pas banget dengan waktu shalat ashar. Untungnya sih ada rekamannya jadi saya bisa nonton ulang part yang ketinggalan. 

Sebelum ikut kelas, jujur saya sama sekali nggak tahu dan nggak kenal pematerinya wkwk. Bahkan baru follow juga pas daftar kelasnya. Btw masih muda lho pematerinya. Namanya Mas Akbar Putra mahasiswa tingkat akhir UNS kalau nggak salah. Meskipun masih muda tapi jam terbangnya udah lumayan lho mas Akbar ini. Followers IG-nya aja udah 45 ribuan. 

Satu jam awal mas Akbar ngejelasin tentang ilustrasi mulai dari apa itu ilustrasi, fungsinya dan tahapan membuat ilustrasi. Setengah jam setelahnya barulah mas Akbar demo live drawing. Saya pikir hanya demo menggunakan 1 atau 2 aplikasi aja ternyata demonya menggunakan 3 aplikasi gaes wkwk. Pertama demo di Procreate iPad, kedua di Sketchbook Android dan terakhir menggunakan Photoshop. Tiga software sekaligus nggak tuh. Mana gambarnya sat set banget. Saya sampai takjub dan terkagum-kagum. Setiap mas Akbar gambar tuh sat set banget, berasa effortless dan gampang banget. Padahal saya tahu aslinya sih nggak se sat set itu. Bisa sat set dan terlihat effortless karena mas Akbar udah jago. Kalau saya yang gambar pasti lah memakan waktu lebih lama dari itu wkwk. 







Awalnya saya juga mau ikutan practice live drawingnya tapi nggak keburu gaes saking cepetnya. Keteteran wkwk. Ditambah lagi HP saya buat tethering wifi juga sih jadi ya agak ribet kalau sambil ikutan practice. Belum lagi saya kudu masak nyiapin untuk hidangan berbuka. Untungnya masaknya dibantu suami sih. Bukan dibantu tapi 80% lebih banyak dia yang masak. Saya cuma bikin gimbal jagung aja, dia yang masak kangkung dan bikin tempe mendoan. 

Biasanya sore sekitar jam 5-an kita suka berburu takjil di luar. Tapi berhubung hari ini masak jadi nggak beli apa-apa paling saya cuma beli minum Tujuh Kurma aja di warung hehe. 


You May Also Like

0 komentar

Kasih komentar dong biar nggak terlalu sepi hehe